Langsung ke konten utama

Mutu Kualitas Pendidikan di Indonesia


Menurut laporan PISA 2015, program yang mengurutkan kualitas sistem pendidikan di 72 negara, Indonesia menduduki peringkat 62. Dua tahun sebelumnya (PISA 2013), Indonesia menduduki peringkat kedua dari bawah atau peringkat 71. 
PISA membuat peringkat tersebut dengan cara menguji pelajar usia 15 tahun untuk mengetahui apakah mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan agar bisa berpartisipasi penuh dalam masyarakat modern. PISA berlandaskan asumsi bahwa seseorang bisa sukses di ekonomi modern bukan karena apa yang mereka tahu, tetapi apa yang bisa mereka lakukan dengan apa yang mereka tahu.
Negara apa yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia?
5 negara di peringkat teratas PISA 2015:

  • Singapura
  • Jepang
  • Estonia
  • Taipei
  • Finlandia

Selain itu, NJ MED merilis hasil Polling Pendidikan Nasional - disusun dari bermacam sumber data, di antaranya PISA - yang mengurutkan sistem pendidikan 209 negara untuk memperlihatkan bagaimana negara-negara menyiapkan generasi muda mereka untuk sistem ekonomi abad ke-21 yang berbasis pengetahuan dan global.
5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia versi NF MED 2017:
  • Finlandia
  • Jepang
  • Korea Selatan
  • Denmark
  • Russia
Mengapa sistem pendidikan mereka dianggap baik?
Berdasarkan penilaian PISA, sistem pendidikan yang baik adalah ketika para murid mendapatkan nilai lebih tinggi di bidang ilmu pengetahuan alam serta punya keyakinan lebih kuat pada pentingnya pertanyaan saintifik dan lebih cenderung berekspektasi untuk bekerja di bidang pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam. Hal ini bisa dicapai jika guru sering menjelaskan dan mendemonstrasikan ide-ide saintifik serta mendiskusikan pertanyaan murid.
Di Finlandia, anak-anak tidak dilatih dalam bidang akademik secara formal sebelum berusia 7 tahun. Sebelum usia itu, mereka belajar melalui bermain, lagu, dan percakapan. Sebagian besar anak berjalan kaki atau naik sepeda ke sekolah. Jam sekolah pendek dan pekerjaan rumah biasanya ringan.
Sekolah Finlandia juga memberi istirahat selama 15 menit per jam untuk aktivitas bermain di luar ruangan. Menurut mereka, udara segar, alam, dan aktivitas fisik yang dilakukan rutin adalah bagian dari pembelajaran.
Finlandia tidak membuang-buang waktu atau uang untuk ujian standardisasi berkualitas rendah. Sebaliknya, tiap hari anak-anak dinilai melalui observasi langsung dan quiz oleh para guru. Ketika belajar di kelas, anak-anak diperbolehkan sekali-sekali bersenang-senang, tertawa, dan melamun.
Suasana emosional dalam kelas di Finlandia hangat, aman, saling menghormati dan sangat suportif. Finlandia mempraktikkan wejangan budaya klasik: Biarkan anak-anak menjadi anak-anak. Tugas anak-anak adalah bermain. Cara terbaik bagi anak untuk belajar adalah dengan bermain.


Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia?



Sebenarnya, Indonesia menginvestasikan banyak sumber daya di bidang pendidikan peringkat keempat dari 69 negara yang diurutkan oleh PISA. Pendidikan mendominasi pengeluaran sosial Indonesia dan 20 persen anggaran Indonesia dialokasikan di bidang pendidikan. Namun, ini bukan berarti semua sekolah di Indonesia memiliki semua yang mereka butuhkan karena sekolah di beberapa daerah masih belum difasilitasi dengan memadai.

Selain itu, persebaran guru di Indonesia tidak merata. Banyak sekali sekolah-sekolah terpencil yang kekurangan pengajar dan staf, namun sekolah-sekolah di kota-kota besar justru kelebihan pengajar. Pendistribusian dana bos sampai saat ini belum merata.

Sistem KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia juga harus diperbaiki, mulai dari jam KBM, kurikulum, maupun peraturan sekolah perlu dikaji ulang demi peningkatan mutu pendidikan Indonesia.

Memang tidak mudah untuk melaksanakan itu semua, tetapi apabila dilaksanakan dengan perlahan dan konsisten, pastinya Indonesia akan memiliki pendidikan yang berkualitas.



Itu saja yang bisa saya katakan, kurang dan lebihnya mohon maaf. Tulis di kolom komentar apabila anda memiliki pendapat lain. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Internet dan Intranet

  A.     Internet   1.)     Pengertian   Internet ( kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (" antarjaringan ").   2.) Sejarah   Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tid

Daftar Nama-Nama Mata Uang / Valuta Asing Dari Berbagai Negara di Dunia

Pengertian Mata Uang Hampir setiap Negara memiliki Mata Uang sendiri yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegiatan perekonomian suatu negara. Sejarah Mata Uang Dahulu kala, manusia primitif belum menggunakan uang, ataupun alat pertukaran. Ini dikarenakan oleh pada waktu itu manusia dapat memenuhi semua keinginannya dari alam sekitarnya. Ketika sumber daya alam yang mereka gunakan habis, mereka berpindah dan mulai menggunakan sumber daya alam yang ada di sekitarnya lagi. Barulah ketika munculnya peradaban kuno manusia mulai menukar barang miliknya dengan barang milik orang lain, yang disebut barter. Kemudian setelah zaman lebih maju, manusia mulai menggunakan alat penukar, walaupun belum berupa uang. Alat ini disebut uang barang. Barulah setelah manusia menguasai penggunaan tulisan dan huruf, dikenallah uang atau disebut uang kepercayaan (uang fiduciair). Daftar Nama Mata No Nama Negara Mata Uang Kode

Pentingnya Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing merupakan bekal disaat kita semua akan melangkah dalam kehidupan globalisasi. Setiap orang wajib bergelut dalam dunia globalisasi jika ingin berkembang dan tidak berjalan di tempat, Manfaat mempelajari Bahasa Asing sendiri tidak terlalu jauh dengan tujuannya, hanya saja sebagai manfaat tentunya hal ini diartikan lebih spesifik. Dengan menguasai bahasa asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh, sehingga wawasannya dalam teknologi informasi sendiri akan lebih terbuka dan pastinya memiliki modal besar untuk melangkah dalam dunia yang kemajuan teknologinya selalu bergerak maju. Ada banyak sekali alasan dan manfaat yang akan anda petik jika Anda bisa menguasai Bahasa Asing Berikut alasan mengapa anda perlu belajar Bahasa Asing : Untuk meningkatkan pemahaman secara global. Jika Anda sudah menguasai bahasa Asing secara benar, maka Anda berpeluang untuk bisa memahami kondisi global saat ini. Paling tidak, Anda sudah mengerti dengan berbagai istil